RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN .......
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Pembelajaran (1) : Mari Belajar Surah al-Falaq
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI-1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI-4
: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan
tartīl.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘un.
3.1 Memahami Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘undengan
baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘un
dengan tartīl.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Falaq dan al-Ma‘un dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Mā‘ūn dengan lancar
C. INDIKATOR
þ Melafalkan Surat al-Falaq
dengan tartil
þ Melafalkan Surat al-Maa’un dengan
tartil
þ Melafalkan Surat al-Fiil dengan
tartil
þ Mendemontrasikan bacaan al-Falaq
dengan tartil.
þ Mendemontrasikan bacaan Surat al-Maa’un
dengan tartil.
þ Mendemontrasikan bacaan Surat al-Fiil
dengan tartil
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
a. Memahami Q.S. al-Falaq dengan baik dan
benar.
b. Membaca Q.S. al-Falaq dengan tart³l.
c. Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
d. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
þ Surah al-Falaq, al-Maa’un dan al-Fiil
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik harus dalam kondisi siap menerima
pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru
disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”.
2.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Peserta didik diajak mengamati dan
menceritakan isi gambar.
1.
Guru memberi motivasi bagaimana kelebihan orang yang
membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati
dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah, rangkuman, dan
ayo berlatih (Lihat buku teks).
2.
Guru menanyakan arti al-Falaq.
Lihat buku teks
3.
Guru menanyakan manfaat Surah al-Falaq. Lihat buku teks
4.
Guru menanyakan cerita yang terkandung di dalam Surah al-Falaq.
Membaca Surah al-Falaq
1.
Peserta didik diminta membaca surah al-Falaq bersama-sama dengan guru.
2.
Peserta didik mengamati penggalan surah al-Falaq dan membacanya hingga mahir.
3.
Peserta didik membaca surah al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda
baca, seperti membedakan sin dengan syin, £a dengan sin, tasyd³d, dan
seterusnya.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah,
kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk mendengarkan bacaan surah al-Falaq yang benar dari guru, audio
atau radio. Kemudian peserta didik diminta menirukannya secara berulang.
B. Menghafal al-Falaq
1.
Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau
sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali
dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada
hikmah.
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu
menghafal surah al-Falaq? Lihat
buku teks.
3.
Siapa di antara kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk
memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah
peserta didik menghafalkannya.
4.
Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah
al-Falaq hingga hafal.
5.
Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk
saling mencermati hafalan di antara mereka.
6.
Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik
bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq.
7.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta
didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq
pada buku tulis masing-masing.
Catatan.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah,
kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk menghafal surah al-Falaq yang benar. Secara individu
peserta didik menirukannya berulang sampai hafal. Kemudian peserta didik
diminta untuk mendemonstrasikan hafalannya baik secara individu, kelompok
maupun klasikal.
C. Menulis Surah al-Falaq
1.
Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan
mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat
surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di
papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.
Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati
bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.
Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan
benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis,
misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
4.
Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan
bimbingan guru.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu
bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.
Catatan umum.
Setiap akhir pembelajaran, setiap
kompetensi (membaca, menghafal, menulis) Guru selalu memberikan penguatan,
terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat. Jangan lupa, senantiasa memberikan motivasi belajar.
Pada kolom “Hikmah,” sebagai motivasi,
guru memberikan penjelasan singkat bahwa hadis nabi tersebut menceritakan
sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca al-Qur’an, yaitu mendapat
kebaikan yang berlipat ganda.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman,” guru
menyampaikan poin-poin penting dalam pembelajaran surah al-Falaq. Sub
Bab C. Menulis surah al-Falaq.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Membaca do’a sesudah belajar
dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
þ Kitab Suci Al-Qur’an
þ Buku Juz
’Amma
þ CD MP3 Juz ’Amma
þ Media tulisan ayat Al-Qur’an
þ Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
I. PENILAIAN
Perhatikan kolom Ayo Berlatih,
guru dapat memberikan penilaian sbb.
Tugas A, Membaca.
Pada penilaian kompetensi membaca Guru
terlebih dahulu menentukan rentang nilainya.
Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat
kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu bobot dan skornya pun harus sama.
Pada penilaian kompetensi membaca surah al-Falaq
setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik, sedang,
kurang.
Ketentuan nilai masing-masing rentang
sebagai berikut:
Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang
nilainya 90 - 100
Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang
nilainya 80 - 89
Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang
nilainya 70 - 78
Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya < 70
Untuk mengamati unjuk kerja peserta didik
guru dapat menggunakan alat atau instrumen, misalnya daftar cek (checklists).
Format
Penilaian Membaca al-Quran
Nama peserta didik:
_____________________________ Kelas:
_____
Aspek
|
Rentang Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Makhraj huruf
|
||||
Panjang Pendek bacaan
|
||||
Kelancaran membaca
|
||||
Skor
|
Catatan :
4 = Sangat Baik 3 =
Baik 2 = Sedang 1 = Kurang baik
Penilaian Sikap
Nama peserta didik:
_____________________________ Kelas:
_____
Aspek
|
Kriteria Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Keterlibatan
|
||||
Inisiatif
|
||||
Perhatian
|
||||
Tanggung jawab
|
||||
Skor
|
||||
Skor maksimal
|
Catatan :
4 = Sangat Baik 3
= Baik 2 = Sedang 1 = Kurang baik
Tugas B. Menghafal Surah al-Falaq.
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah al-Falaq
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masdar
|
||||
2
|
Sultan Haykal
|
||||
3
|
Aisy Anindya
|
||||
dan seterusnya
|
Catatan :
4 = Sangat Baik 3
= Baik 2 = Sedang 1 = Kurang baik
Keterangan
Sangat baik : Hafalan
lancar, tartil, lagu/berirama
Baik : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang : Hafalan
kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang : Hafalan
tidak lancar
Catatan:
Guru dapat mengembangkan soal berikut
rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Guru diharapkan memiliki catatan sikap
atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses
pembelajaran. Terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh
peserta didik, penilaian dapat dilakukan melalui tabel berikut.
Rubrik Penilaian
Sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kriteria
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
Inisiatif
|
||||||||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
1
|
Masdar
|
||||||||||||||||
2
|
Sultan Haykal
|
||||||||||||||||
3
|
Aisy Anindya
|
||||||||||||||||
dan seterusnya
|
Catatan :
MK = membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
MB = mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum
konsisten).
BT = belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
Aktivitas dapat disesuaikan dengan
kebutuhan, seperti sikap: tolong-menolong, disiplin, jujur, sopan santun, dan
lain-lain
J. PENGAYAAN
Dalam kegiatan
pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan
(membaca, menghafal, dan menulis surah al-Falaq
dengan tartil, lancar, dan
baik-benar) diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
oleh guru.
Untuk
kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik
sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat
membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.
K. REMEDIAL
Bagi peserta
didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi
hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali
mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali.
Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari
dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam
belajar selesai.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
........, ...................... 20....
Guru Mapel PAI
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar