Senin, 21 Januari 2019

RPP PAI dan BP Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan     : SDN .......
Kelas / Semester        : IV (Empat) / 1
Pembelajaran (1)       : Mari Belajar Surah al-Falaq
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit




A.     KOMPETENSI INTI
KI-1    :      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    :      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    :      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    :      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1         Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartīl.
2.1         Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘un.
3.1         Memahami Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘undengan baik dan benar.
4.1.1      Membaca Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘un dengan tartīl.
4.1.2      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘un dengan benar.
4.1.3      Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Mā‘ūn dengan lancar

C.     INDIKATOR
þ  Melafalkan Surat al-Falaq dengan tartil
þ  Melafalkan Surat al-Maa’un dengan tartil
þ  Melafalkan Surat al-Fiil dengan tartil
þ  Mendemontrasikan bacaan al-Falaq dengan tartil.
þ  Mendemontrasikan bacaan Surat al-Maa’un dengan tartil.
þ  Mendemontrasikan bacaan Surat al-Fiil dengan tartil

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
a.    Memahami Q.S. al-Falaq dengan baik dan benar.
b.    Membaca Q.S. al-Falaq dengan tart³l.
c.    Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
d.    Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
þ  Surah al-Falaq, al-Maa’un dan al-Fiil


F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan        : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”.
2.      Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 menit
Inti
Peserta didik diajak mengamati dan menceritakan isi gambar.
1.      Guru memberi motivasi bagaimana kelebihan orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih (Lihat buku teks).
2.      Guru menanyakan arti al-Falaq. Lihat buku teks
3.      Guru menanyakan manfaat Surah al-Falaq. Lihat buku teks
4.      Guru menanyakan cerita yang terkandung di dalam Surah al-Falaq.

Membaca Surah al-Falaq
1.      Peserta didik diminta membaca surah al-Falaq bersama-sama dengan guru.
2.      Peserta didik mengamati penggalan surah al-Falaq dan membacanya hingga mahir.
3.      Peserta didik membaca surah al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sin dengan syin, £a dengan sin, tasyd³d, dan seterusnya.

Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk mendengarkan bacaan surah al-Falaq yang benar dari guru, audio atau radio. Kemudian peserta didik diminta menirukannya secara berulang.

B. Menghafal al-Falaq
1.      Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah.
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat buku teks.
3.      Siapa di antara kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.      Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal.
5.      Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
6.      Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq.
7.      Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.

Catatan.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk menghafal surah al-Falaq yang benar. Secara individu peserta didik menirukannya berulang sampai hafal. Kemudian peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan hafalannya baik secara individu, kelompok maupun klasikal.

C. Menulis Surah al-Falaq
1.      Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.      Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.      Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
4.      Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru.

Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.

Catatan umum.
Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensi (membaca, menghafal, menulis) Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat. Jangan lupa, senantiasa memberikan motivasi belajar.

Pada kolom “Hikmah,” sebagai motivasi, guru memberikan penjelasan singkat bahwa hadis nabi tersebut menceritakan sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca al-Qur’an, yaitu mendapat kebaikan yang berlipat ganda.

Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman,” guru menyampaikan poin-poin penting dalam pembelajaran surah al-Falaq. Sub Bab C. Menulis surah al-Falaq.

150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA
þ  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
þ  Kitab Suci Al-Qur’an
þ  Buku Juz ’Amma
þ  CD MP3 Juz ’Amma
þ  Media tulisan ayat Al-Qur’an
þ  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

I.       PENILAIAN
Perhatikan kolom Ayo Berlatih, guru dapat memberikan penilaian sbb.

Tugas A, Membaca.
Pada penilaian kompetensi membaca Guru terlebih dahulu menentukan rentang nilainya.
Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu bobot dan skornya pun harus sama.
Pada penilaian kompetensi membaca surah al-Falaq setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik, sedang, kurang.
Ketentuan nilai masing-masing rentang sebagai berikut:
  Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 90 - 100
  Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 80 - 89
  Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 70 - 78
  Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya < 70

Untuk mengamati unjuk kerja peserta didik guru dapat menggunakan alat atau instrumen, misalnya daftar cek (checklists).



Format Penilaian Membaca al-Quran

Nama peserta didik: _____________________________                        Kelas: _____
Aspek
Rentang Nilai
1
2
3
4
Makhraj huruf




Panjang Pendek bacaan




Kelancaran membaca




Skor




Catatan :
4 = Sangat Baik                3 = Baik                   2 = Sedang                  1 = Kurang baik

Penilaian Sikap

Nama peserta didik: _____________________________                        Kelas: _____
Aspek
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
Keterlibatan




Inisiatif




Perhatian




Tanggung jawab




Skor




Skor maksimal

Catatan :
4 = Sangat Baik                3 = Baik                   2 = Sedang                  1 = Kurang baik


Tugas B. Menghafal Surah al-Falaq.
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah al-Falaq

Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kategori
1
2
3
4
1
Masdar




2
Sultan Haykal




3
Aisy Anindya





dan seterusnya




Catatan :
4 = Sangat Baik                3 = Baik                   2 = Sedang                  1 = Kurang baik
Keterangan
Sangat baik     : Hafalan lancar, tartil, lagu/berirama
Baik                 : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang            : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang            : Hafalan tidak lancar
Catatan:
  Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik, penilaian dapat dilakukan melalui tabel berikut.

Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Kriteria
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
1
Masdar
















2
Sultan Haykal
















3
Aisy Anindya

















dan seterusnya
















Catatan :
MK   =    membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB   =    mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT   =    mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
BT    =    belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
Aktivitas dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti sikap: tolong-menolong, disiplin, jujur, sopan santun, dan lain-lain

J.      PENGAYAAN
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca, menghafal, dan menulis surah al-Falaq dengan tartil, lancar, dan baik-benar) diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru.
Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

K.     REMEDIAL
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali.
Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

........, ...................... 20....
Guru Mapel PAI



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar